Tujuan Google ialah merayapi situs Anda seefektif mungkin. Merayapi dan mengindeks laman dengan konten yang identik menciptakan penggunaan sumber daya kami tidak efektif. Ini sanggup membatasi jumlah laman yang sanggup kami rayapi di situs anda dan konten duplikat dalam indeks kami sanggup mengganggu kinerja laman Anda dalam hasil penelusuran kami. Konten duplikat sering terjadi ketika situs menciptakan konten yang sama ibarat yang tersedia melalui URL yang lain—misalnya, dengan memakai ID sesi atau parameter lain, ibarat ini:
http://www.example.com/products/women/dresses/green.htm http://www.example.com/products/women?category=dresses&color=green http://example.com/shop/index.php?product_id=32&highlight=green+dress&cat_id=1&sessionid=123&affid=431Dalam kasus ini, semua URL ini mengarah ke konten yang sama: koleksi gaun berwarna hijau.
Ketika Google mendeteksi konten duplikat ibarat variasi yang disebabkan oleh parameter URL kami mengumpulkan URL duplikat ke dalam satu kelompok dan menentukan URL "terbaik" yang kami rasa sanggup mewakili kelompok ini dalam hasil penelusuran. Kemudian kami mengonsolidasi properti URL dalam kelompok tersebut, contohnya popularitas tautan, ke URL perwakilan. Mengonsolidasi properti dari duplikat ke satu URL perwakilan sering kali memperlihatkan hasil penelusuran yang lebih akurat kepada pengguna.
Untuk meningkatkan proses ini, sebaiknya gunakan alat penanganan parameter untuk memperlihatkan info ihwal cara menangani URL yang berisi parameter khusus kepada Google.Kami akan melaksanakan upaya terbaik untuk mempertimbangkan info ini. Namun, mungkin ada kasus ketika saran yang diberikan sanggup jadi malah menciptakan kinerja situs jadi buruk.
Tentukan bagaimana Google harus menangani parameter:
- Pada Dasbor, di bawah Perayapan, klik Parameter URL.
- Di samping parameter yang Anda inginkan, klik Edit. (Jika parameter tidak dicantumkan, klik Tambahkan parameter. Perhatikan bahwa alat ini peka abjad besar/kecil, jadi pastikan bahwa parameter yang Anda ketikkan sama persis dengan parameter yang muncul pada URL.)
- Jika parameter tidak memengaruhi konten yang ditampilkan untuk pengguna, pilih Tidak ... di daftar Apakah parameter ini mengubah... kemudian klik Simpan. Jika parameter memengaruhi tampilan konten klik Ya: Mengubah, mengurutkan kembali, atau mempersempit konten laman, kemudian pilih cara Google merayapi URL dengan parameter ini.
- Biarkan Googlebot menentukan. Pilih bila Anda tidak yakin dengan sikap parameter atau bila sikap berubah lantaran cuilan situs lainnya. Googlebot akan menganalisa situs Anda guna menentukan cara terbaik untuk menangani parameter. Ini ialah opsi umum yang baik.
- Setiap URL. Googlebot akan memakai nilai parameter ini untuk menentukan apakah URL unik atau tidak. Misalnya,
www.example.com/dresses/real.htm?productid=1202938
akan dianggap sebagai URL yang sepenuhnya berbeda denganwww.example.com/dresses/real.htm?productid=5853729
. Sebelum menentukan opsi ini, pastikan bahwa parameter benar-benar mengubah konten laman; bila tidak, Googlebot mungkin secara tidak sengaja merayapi konten duplikat di situs Anda. - Hanya URL dengan value=x. Googlebot hanya akan merayapi URL ketika nilai parameter cocok dengan nilai yang ditentukan ini. URL dengan nilai parameter yang berbeda tidak akan dirayapi. Hal ini bermanfaat apabila, misalnya, situs Anda memakai nilai parameter untuk mengubah urutan daerah konten identik ditampilkan.Misalnya
www.example.com/dresses/real.htm?sort=price_high
berisi konten yang sama denganwww.example.com/dresses/real.htm?sort=price_low
. Gunakan setelan ini untuk memberi tahu Googlebot untuk hanya merayapi URL dengansort=price_low
(yang akan menghindari perayapan konten duplikat). - Tidak ada URL. Googlebot tidak akan merayapi URL apa pun yang berisi parameter ini. Misalnya, dengan memberi tahu Googlebot untuk tidak merayapi URL dengan parameter ibarat
pricefrom
danpriceto
(sepertihttp://www.examples.com/search?category=shoe&brand=nike&color=red&size=5&pricefrom=10&priceto=1000
) Anda sanggup mencegah perayapan konten yang tidak diharapkan yang sudah tersedia darihttp://www.examples.com/search?category=shoe&brand=nike&color=red&size=5
.
Ada beberapa parameter Terkenal yang memiliki imbas dihalaman kontent. Antara lain ialah replytocom , Showcomment , commentPage , m dan utm parameter. Untuk menciptakan parameter tersebut cukup sederhana guna mengoptimalkan URL untuk blog Blogger dan meningkatkan SEO.
Ada 8 Parameter yang harus kita buat untuk melaksanakan pengoptimalan: Antara Lain:
showComment (1), m (2), commentPage (3) utm_source (4) utm_medium (5) utm_campign (6) max-results (7) updated-max (8)
- Metode ini hanya akan menciptakan merangkak gampang bagi Googlebot dan tidak akan menciptakan halaman Anda menghilang dari pencarian.
- Kita hanya perlu mengatur entri Efek dan Crawl
- Efek None di sini berarti bahwa parameter tidak mengubah isi halaman.
- Efek Paginates di sini dipakai untuk CommentPage dan m lantaran keduanya pengidentifikasi sederhana untuk menampilkan nomor halaman untuk komentar lebih besar dari 200 di Blogger
- Efek Sorts dipilih untuk max-results dan updated-max lantaran kedua jenis ini ialah konten halaman dalam urutan waktu dan tanggal .
Untuk lebih jelasnya temen-temen sanggup melihat gambar berikut, dan hati-hati dalam melaksanakan pengaturan, alasannya ialah kalo’ salah input bukan tanggung jawab ku..Atau kalau kurang yakin serahkan semuanya pada googleboot yang menentukan.
Untuk masuk ke cuilan pengaturan URL Parameter agan-agan tinggal Login ke Akun Webmasters Tools, kemudian pilih Configuration > URL Parameter > Add Parameter
dan temen-temen sanggup ikuti / atau menyesuikan pengaturan URL Parameter sesuai gambar diatas.
Keuntuagan dari Pengoptimalan URL Parameter
Hal ini sanggup mengurangi terjadinya Kesalahan Crawl, Karena Sebagian besar kesalahan yang disebabkan oleh URL duplikat atau lantaran tidak adanya atribut link kanonik. Oleh lantaran itu Metode ini membuatnya sangat gampang untuk mengontrol struktur URL Blog kita dalam akun webmaster.
#Update
Disarankan untuk "Let Google decide" tidak digunakan, pake' "No Url" aja'..Nah sekian sajian saya ihwal Tips Cara Setting URL Parameters Blog.
#Update
Disarankan untuk "Let Google decide" tidak digunakan, pake' "No Url" aja'..Nah sekian sajian saya ihwal Tips Cara Setting URL Parameters Blog.